Saturday, April 1, 2017

romantic island 

Satu dari ratusan pulau yang wajib kamu kunjungin adalah pulau Cangke, pulau romantis yang terkenal. Pulau Cangke merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Spermonde.


Secara keseluruhan, Pulau Cangke termasuk dalam wilayah Kabupaten Pangkajenne Kepulauan. Pulau ini bisa ditempuh selama 3 jam dari Pelabuhan Paotere Makassar dengan perahu kayu. Sayangnya, belum ada perahu reguler ke pulau ini, jadi pengunjung harus menyewa perahu jika ingin berkunjung ke Pulau Cangke. Sebelum tiba di Pulau Cangke, kita akan melewati beberapa pulau dan juga berhenti di Pulau Karanrang, di sini kamu bisa membeli air mineral galon untuk keperluan di Pulau Cangke.

Kalau kita melihat dari atas kapal akan terlihat jernihnya air laut dengan terumbu karang di bawah yang bagus sekali.









Pulau Cangke ini juga dipakai sebagai tempat penangkaran penyu yang bertelur di malam hari, jadi kita hanya bisa menikmati pulau Cangke di siang hari saja, tidak boleh menginap atau berkemah di pulau ini untuk menjaga kelestarian populasi penyu.

Jadi jangan ada resort, atau fasilitas wisata seperti penyewaaan sorkling, alat alat snorkling sendiri.



Pulau Cangke hanya dihuni oleh Daeng Abu dan Ibu Maidah, sejak 30 tahun yang lalu.

Pasangan suami istri inilah yang berjasa mengubah pulau yang dulunya tandus, menjadi penuh pepohonan rimbun, daeng Abu menanam, merawat setiap pohon seperti anaknya sendiri.

Hal terbaik yang bisa didapat di pulau Cangke adalah melihat matahari terbit dan terbenamnya.

Kalau beruntung kita akan melihat bayi penyu atau tukik berjalan di sekitar pantai.

Semua foto by @daisyjuliaaa

Post a Comment: