Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Playing with thousand jellyfish in Misool

kissing jellyfish

Salah satu tempat di Misool yang bener-bener buat penasaran adalah Danau ubur-ubur di Misool. Akhirnya kesampaian mengunjungi tempat yang mengagumkan ini. Berenang di antara ribuan ubur-ubur tanpa sengat feeling so amazed!

Kalau di Komodo, kemarin sempat singgah di Karang Sembilan, di tengah-tengah ada ubur-ubur tanpa sengat juga, hanya bertentakel biru jumlahnya tak sebanyak di Misool.

Untuk mencapai danau ini, kita hanya perlu treking saja sedikit, jalurnya sudah sangat jelas dan membantu. Akuu superexcited bangett, ga sabar buat berenang di danau ini.


treking sedikit ke danau ubur-ubur

Ubur-ubur di danau ini kehilangan sengatnya, karena tak ada predator di danau ini. Namun jangan coba-coba kalau di lautan, duh ampunn, bisa ngibritttt kalau ketemu ubur-ubur, karena sengatnya lumayan berefek. Pulang-pulang dapat oleh-oleh badan bentol hehehe :')

Komposisi tubuh ubur-ubur 90% terbuat dari air, sehingga bentuknya sangat halus, tanpa tulang di bagian manapun, jadi proses pertahanan diri ubur-ubur dari predator hanya ada pada sengatannya.

So itulah mengapa, penyelam dan yang suka ke laut biasanya akan menghindari ubur-ubur karena sengatan yang terkena ditubuh, efeknya bisa ke mana-mana, dari yang gatal, memerah sampai keracunan.


danau ubur-ubur di Misool

Berenang dengan ubur-ubur tanpa sengat di Misool ini adalah pengalaman yang lumayan spesial bagikuuu.

Untuk berenang di antara ubur-ubur ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

- harus bisa berenang
karena biasanya ubur-ubur ini ngumpulnya di tengah danau, kita harus berenang ke tengah danau untuk bertemu ubur-ubur. Kalau yang belum bisa berenang, sebaiknya pakai jaket pelampung yaa.

- jangan pakai fin saat berenang
ubur-ubur ini tubuhnya sangat halus, pleasee, jangan pakai fin, karena bisa mengoyak tubuh ubur-ubur ini.

- jangan pakai sunblock
Ubur-ubur sangat sensitif terhadap produk-produk kimia, jadi kalau pakai sunblock akan dianggap sebagai racun yang kita bawa mengotori habitat aslinya. Jadi ga usahlah pakai sunblock kalau berkunjung ke rumah ubur-ubur ini yaaaa gengs

- jangan alay dan lebay
tolong perhatikan manner kalau sampai ke danau ubur-ubur ini, berenanglah dengan tenang, ga usah alay buat terjun bebas sesuka hati di danau ini. Bisa bermatian ubur-uburnya karena gaya norak seperti itu.

- jangan buang sampah sembarangan
jadilah traveler yang bertanggung jawab, datang hanya mengambil foto, tanpa meninggalkan sampah di tempat yang kita datangi. Bawa pulang setiap sampahnya.

a bit selfie wont hurt you right :)

Ubur-ubur ini akan berkumpul di tengah danau, dan jumlahnya ribuan .. datanglah saat matahari sedang bersinar cerah, once you re ready thousands of Mastigias Papua will showed off their magical body.


keep swimmng keep swimming

foto makro ubur-ubur Mastigias Papua
jellyfish dengan bintik putih 
 
jellyfish bintik putih usia remaja

jellyfish transparan dan jellyfish cokat bintik putih

Di danau ubur-ubur ini ada 3 jenis ubur-ubur tanpa sengat. 

  • Ubur-ubur coklat 
  • Ubur-ubur coklat bintik putih 
  • Ubur-ubur transparan 
Di dunia ini hanya ada di Indonesia dan Mikronesia yang memiliki danau ubur-ubur. Beberapa danau ubur-ubur tanpa sengat lainnya ada di Danau Kakaban Derawan, Kalimantan Timur, pulau Muna di Kendari, di Togean Sulawesi Tengah, dan di Misool, Papua.

Beruntungnya kita tak perlu jauh-jauh ke luar negeri sampai ke kepulauan Mikronesia untuk bertemu ubur-ubur yang supergemesin ini.




Segitu duluuuu ya cerita aku dari Danau ubur-ubur di Misool. Ada banyak cerita seru lainnya selama aku traveling ke Misool .. a real hidden paradise!

Happy travelling ~

@daisyjuliaaa - feeling spongebob in Jellyfish lake

Post a Comment

0 Comments