Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Mengenal Genre-genre Fotografi! (part 2)

Yuk kita lanjut pembahasan tentang genre-genre fotografi yang wajib dikenali, karena kalau ga kenal ga sayang guyssss hehhehe :D

Baca part 1 : Yuk Mengenal Genre-genre Fotografi! (part 1)

11. Abstract photography

Fotografi Abstrak tidak memiliki definisi jelas. Fotografi ini terutama berkomunikasi melalui penggunaan warna, garis, bentuk dan wujud, yang berarti hampir semua benda dapat digunakan untuk menghasilkan pemotretan abstrak - Kamu hanya perlu menjadi kreatif.


light painting

light painting dengan steelwool

12. Street photography

Street Photography adalah fotografi yang menampilkan kondisi orang-orang di tempat umum, dan tidak mengharuskan adanya jalan atau bahkan lingkungan perkotaan.



Street Photography (SP) merupakan aliran foto yg berusaha menangkap emosi, intensitas atau dinamika di ruang publik. Entah itu mulai di jalan raya, gang, stasiun, sekolah, perkantoran, taman dsb. Yang dikejar dari SP adalah momen. Decisive momen. Momen yg serba spontan, cepet, dinamis.

Namun di dlm SP komposisi dlm foto juga spatutnya tidak kita lupakan.

Pertama itu Fishing Technique.
Hampir semua fotografer jalanan sering ngelakuin ini. Fishing Technique bisa dibilang sebuah bntk komposisi SP dimana pemotret jalanan menentukan pra komposisi terlebih dahulu kemudian dgn sabar menunggu subjek masuk ke dalem frame foto kita..


13. Wedding photography

Wedding photography adalah fotografi dari kegiatan yang berhubungan dengan pernikahan, meliputi foto pasangan sebelum menikah (untuk undangan, kartu ucapan terima kasih dll), resepsi pernikahan dan lainnya. Fotografi pernikahan adalah campuran dari berbagai jenis fotografi. Wedding Photography adalah bagian dari Event Photography, seperti halnya Concerts, parties, festivals dan lain-lain.


14. Aerial Photography

adalah pengambilan gambar (shoot) dari udara, baik menggunakan pesawat, helicopter maupun helicam atau drone yang tujuannya adalah untuk menciptakan sudut pandang yang lebih spektakuler dan dramatis. Aerial foto / video sangat berbeda dengan pengambilan gambar di darat.

aerial Pulo Cinta, Gorontalo


aerial pulau Papan, Togean 

15. Newborn Photography

Newborn photography adalah fotografi yang muncul karena semakin boomingnya media sosial, bayi yang usianya mulai dari 7 hari bisa difoto. Fotografer newborn mengatur gaya bayi-bayi mungil sedang tertidur pulas dengan penuh kesabaran dipadu padankan dengan beragam aksesoris.

newborn photography

newborn photography


16. Commercial photography

digunakan terutama dengn tujuan untuk menyoroti produk, layanan, merek atau individu dalam media cetak maupun digital. Fotografi memainkan peran penting dalam periklanan, fotografer profesional banyak mengabdikan karier mereka untuk fotografi iklan.Kebutuhan untuk menyalin iklan unik dan eye-catching. 
digital imaging for commercial photography

contoh digital imaging

17. Wildlife photography

Genre fotografi yang berkaitan dengan dokumentasi berbagai bentuk satwa liar di habitat aslinya. Selain membutuhkan keterampilan fotografi, fotografer satwa liar mungkin membutuhkan keterampilan kerajinan lapangan.


18. Journalism photography

adalah genre fotografi yang menampilkan gambar-gambar dalam menampilkan sebuha berita. Fotografi jurnalis menuntut kecepatan dan keakuratan foto untuk ditanyangkan ke media massa.
contohnya adalah foto foto di koran yang terbit setiap hari.

19. Sport photography

menangkap kejadian-kejadian penting yang patut diabadikan di dunia olahraga. Foto-foto di sini digunakan untuk menulis berita olahraga atau berita terkait atlet dalam satu jenis olahraga.

20. Military photography

menangkap gamabr-gambar yang berhubungan dengan militer. Salah satu fotografer militer yang terkenal di Indonesia adalah Sandriani Permani dengan komposisi foto militer yang indah.

Dan masih banyak lagiiiiiiii genre fotografi lainnya. Setidaknya bisa mengenal 20 genre yang yang aku bahas ya gengsss, itu juga banyak yang ga punya contohnya heheheh. Semoga yang aku posting ini bermanfaat dan semakin semangat mengenal fotografi :))

Salam jeprettt!

@daisyjuliaaa - a photography lover

Post a Comment

1 Comments