Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengamati Whaleshark Botubarani, Gorontalo

katinting yang dipakai jika whaleshark muncul.
Finally to Gorontalo again ..

Oh yaaa, kalau 3 tahun yang lalu, aku menuliskan detail tentang pertemuan impianku dengan hiu paus di Gorontalo, sekarang aku ingin berbagi cerita tentang perkembangan hiu paus yang ada di Gorontalo selama  3 tahun ini.

aerial desa Botubarani, Gorontalo

Tak kenal maka tak sayangkan, so let get more about whaleshark, ikan terbesar yang pernah ada ini.

Whalehark termasuk adalah kingdom Ikan, walaupun bodynya superbigsize dan bisa sampai 18 ton beratnya, tapi hiu paus ini adalah pemakan plankton. Jadi dia itu gendut gendut gemesinnnn sekaliii.

Whaleshark memakan plankton dan udang-udang, hewan-hewan kecil lainnya untuk disaring dalam mulutnya. Rasanya lucu sekali melihat hiu pasu makan lahap udang-udang yang kita bawa.



Funfacts Hiu Paus yang ada di desa Botubarani :

1. Sekarang sudah ada 35 ekor whaleshark yang terdeteksi mampir di Botubarani selam 3 tahun ini.

2. All is male

3. Namanya Hercules bukan Sherly, since they are male.

4. Hiu paus panjang tubuhnya 10 meter dan rata-rata usia remaja yang muncul di Botubarani.

5. Paus Orca dan dolphin diwaktu-waktu tertentu muncul di Botubarani. Kalau dapat bertemu selain hiu paus woowww .. superduper double combo keruntungannya.




Grafik kemunculan hiu paus sudah dicatat sejak 2017. Setiap hari Kemunculan hius paus di kalender harian ini untuk bahan penelitian dan edukasi kepada nelayan warga sekitar dan pengunjung yang datang. Pengunjung yang datang ke Botubarani ini banyak sekali bahkan dari mancanegara.


Catat nomor ini kalau kamu mau ke konservasi hiu paus di Gorontalo ini, pak Olis banyak sekali memberi info mendalam tentang hiu paus.


Kali kedua ke Gorontalo belum beruntung lihat whalsiee, tapi tak apa, next time semoga berjodoh yaaaaaaa!  Saranku kalau mau datang lihat hiu paus, persiapkan 2 atau 3 hari waktu jaga-jaga karena kemunculannya kadang tak terduga .. tergantung alam :))

@daisyjuliaaa - missing Hercules and the gangs

Post a Comment

0 Comments