Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

PHOTOSTORY : Sisi berbeda pulau Papan, Togean


Taman Nasional Kepulauan Togean adalah kepulauan yang terletak dalam zona transisi Wallacea dan Weber dan merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah teluk Tomini.






Kepulauan ini kaya akan terumbu karang dari berbagai biota laut yang lengkap dikelilingi formasi bukit karang. Dan setiap pulau ditutupi dengan tumbuhan yang rimbun.

Ciri khas dari kepulauan Togean, adalah berkunjung ke perkampungan suku di pulau Papan. Asal usul pulau Papan di masa lalu, pulau ini menjadi tempat untuk menyimpan papan jika orang-orang ambil dari hutan.



Penduduk di pulau ini sekitar 25 KK, dihuni 3 keluarga suku Bajo dan sisanya suku Togian. Pulau dengan perumahan yang dibangun di atas karang ini dikenal kahas dengan jembatan panjang yang menghubungkan dua pulau.


Jembatan penghubung desa Kadoda ke pulau Papan. Di pulau Papan, harapanku ingin bertemu dengan suku Bajo yang melegenda itu, tapi ternyata pulau ini kebanyakan dihuni oleh suku Togian. Aku masih suka bingung, kenapa info yang banyak di internet itu jembatan panjang ini menghubungkan pulau Papan dan Malenge. Padahal pulau Malenge itu jauhloh, yang lebih tepat itu pulau Kadoda. Anak-anak pulau Papan berjalan kaki setiap hari melewati jembatan ini bersekolah di desa Kadoda.







anak pulau Papan

Pulau Papan ini sangat spesial menurutku, pulau ini bener-bener unik karena underwaternya yaaampunn,  .. di mana bisa lihat seafan jumbo yang warnanya super ngejreng abis di bawah sinar matahari di sepanjang jembatan pulau Papan.


selfi masa kini 



seafan jumbo pulau Papan 

underwater pulau Papan 
Pokoknya kalau ke Togean, wajib ke pulau Papan, soalnya cool hehhehee :))


@daisyjuliaaa - Pulau Papan is beyond her expectation


Post a Comment

0 Comments