Monday, July 29, 2019

Satu hal yang aku sadari selama tinggal di Makassar adalah : Ternyata ornag batak itu ada di mana-mana. HAHAHA

Ide menulis draft ini karena cuman klik aja waktu cari ide nulis apa ya di blog, nah kali ini, aku mau nulis tentang suku Batak, karena orang Batak itu cukup unik menurutku. Kebanyakan sifatanya tegas dan kepala batu, tapi hatinya penyayang dan rata-rata semuanya merantau meninggalkan kampung halamannya.

Selama 3 tahun travelling di Indonesia timur, aku cukup surprise bisa ketemu teman-teman orang Batakyang jauh dari tanah Sumatera.

Di mana saja aku ketemu?

- di pulau Bokori, Sulawesi Tenggara, waktu selesai ngetrip ke Sombori- Labengki, diakhir perjalanan ketemu dan kenalan, dan mereka tinggalnya ternyata sudah cukup lama di Kendari. Wah wah cewek-cewek setrong ini.

- waktu overland Flores, double combo, ketemu namboru Panjaitan penjual kain Flores di Danau Kelimutu, Gokil sih menurutku. Dengan segera aku beli buah tangan punya namboru.

- Di Ruteng ketemu bang Wilson dan kak Lina, pasangan suami istri Batak- Manado

- Di Manado, ga kenalan langsung sih, hanya waktu ke Monumen Yesus Memberkati, ketemu dengan segrup anak remaja sedang merayakan ulangtahunnya ditemani dengan namborunya, hihhiih aku kocak sendiri melihat mereka cerita, yampun ketemu geng Batak lagi.

- Di Ambon .. bused ini yang paling gokil menurutku, lai nongki cantik sama Lilasepulangnya dari Banda Naira, lihat sunset di pantai Natsepa. tiba-tiba dengar lagu Batak dinyanyian semerdu-merdunya. Wahhhh syahduu dengernya .. tapi tetap aja meraasa kocak udah jauh ke Ambon, di pantai Natsepa tetap dengar suara penyanyi Batak

- Di Makassar .. jangan ditanyalah yaa, rame bo' hehhehe

Begitulah pertemuanku dengan sesama sukuku di tanha yang jauh dari rumah. Yang paling keren, banyakloh sekarang gadis-gadis Batak yang travelingnya jauh-jauh kaya Trinity traveler, Satya Winnie dll.

Semoga semakin banyak anak-anak Batak yang menginspirasi ya, yang mainnya jauh dan memebawa banyak dampak perjalananya, slaah satunya melalui tulisan . Amin

@daisyjuliaaa - a proud Bataknese girl

Post a Comment: