Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sharing time : Kenapa banyak orang batak jago nyanyi

Pernah ga guyss kalian perhatikan banyak ajang pencarian bakat yang biasa ditayangkan di TV, entah itu Indonesian Idol, The Voice, Rising Star, dll  bukan sekali dua kali juaranya hampir dipastikan orang Batak? Bukan mau rasis yaaa, tapi pengen sharing ajaaa.

Tapi apakah memang semua orang Batak pintar bernyanyi ? Jawabannya tidak.
Tapi secara umum iyaaaa, kebanyakan jagooo nyanyi. Nyanyi itu udah kaya minum air buat orang Batak hahahahaa

Btw, ada yang ga kenal nama-nama penyanyi ini? Joy Tobing, Judika Sitohang, Maria Simorangkir, Putri Ayu Silaen, Novita Dewi Marpaung, Jack Marpaung, Margareth Siagian, Gloria Jessica.

Pasti kenal donk nama-nama beken itu .. mereka-mereka semua adalah penyanyi yang kualitasnya jempolan dan semakin bersinar setelah lulus dari ajang-ajang pencarian bakat itu.

Nahhh apa yang membuat suku Batak terkenal penghasil penyanyi-penyanyi bersuara merdu ?
Aku merangkum beberapa point yang bisa aku jabarkan alasan-alasan suku Batak itu jago nyanyi.

1. Kebiasaan bernyanyi sejak kecil 

Ibarat kata pepatah, Alah bisa karena biasa. Anak-anak Batak sejak kecil terbiasa bernyanyi di gereja. Sejak balita sudah biasa bernyanyi dan mendengarkan lagu rohani, masuk sekolah ikut sekolah minggu. semakin beranjak dewasa ikut koor gereja dan terbiasa dengan pembagian nada-nada yang rumit. 

Apalagi kalau sudah mendekati hari-hari besar yang penting Natal, Tahun baru, Paskah sudah dipastikan latihan paduan suara ada di mana-mana. Kebiasaan bernyanyi di gerejalah yang paling berpengaruh membentuk merdu-merdunya suara orang Batak. Makin lengkap lagi di sekolah juga di ajarkan bernyanyi, di rumah berkumpul dengan keluarga dilatih bernyanyi juga. 

Aku pengen cerita nih sebagai anak yang lahir dari keluarga Kristen yang taat, setiap Minggu nyanyi di gereja ditambah opung saya juga jago nyanyi menurun talenta menyanyinya ke tulang-tulang saya.
Tulang itu artinya paman gaessss .. tulang-tulangku penyanyi semualoh .. jago bgt mereka nyanyi, merdu dan enak sekali di dengar. Hasilnya sepupu-sepupu saya juga luar biasa talenta bernyanyinya. Saya suka sekali mendengarkan mereka bernyanyi. Tambah lagi mahir main gitar dan piano .. udahlah jadi biduan semua hahahaha :D

sepupu saya Eva Siregar yang merdu suaranya 

2. Nyanyian kehidupan mulai dari kelahiran hingga kematian 

Suku batak hidup dalam banyak filosofi. Mulai dari prosesi kelahiran, akan diadakan ibadah menyambut anggota keluarga baru dan dalam ibadah ada prosesi nyanyinya, lalu beranjak ke acara pernikahan saat sudah dewasa, ada banyak ibadahnya dan dalam ibadah itu ada nyanyinya. Dalam acara kemalangan, ibadah pun akan diadakan, dalam suasana duka itu, nyanyian ratapan pun akan terdengar. Jadi dari awal kehidupan hingga menutup mata, orang Batak itu lekat dengan nyanyian sukacita, bahagia hingga dukacita. 

jangan diragukan skill menyanyi tulang gue 


3. Kebiasaan berkumpul 

Kumpul-kumpulnya orang Batak itu khas sekali, kalau sudah ketemu gitar, minum tuak di kampung-kampung, pasti mereka akan menyanyikan lagu 3-4 album hehhehehe. Bernyanyi menjadi sarana pergaulan orang Batak.


musik adalah identitas 

4. Just simply a gift 

Kemampuan bernyanyi  bukanlah buat semua orang. Jadi kalau bisa nyanyi dan suaranya merdu ya
itu talenta. Talenta bernyanyi itu cuma-cuma diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Bisa jadi semua hal-hal di atas benar adanya, tapi yang pasti kasih karunia Tuhanlah yang buat orang-orang Batak punya talenta-talenta penyanyi jempolan yang diakui dunia kualitasnya.

Ada satu komposer Austria, herman De Lago yang sangat suka sekali dengan lagu-lagu Batak sampai dia bawakan di dalam konsernya di Austria negaranya. Wah sungguh terhormat yaaa, lagu daerah kita bisa dinikmati negara lain. 


Jadi gituuu deh gengss, alasan-alasan riil kenapa banyak orang Batak yang jago nyanyi. Bukan karena faktor kebetulan, tapi ada kebiasaan yang diasah terus-menerus bertahun-tahun.

Jadi siapa penyanyi Batak idola kamuu ? Kalau aku pilih Judika ajaaa karena dia paling sering muncul di TV hehehehhe :D

Kalau ada yang mau nambahinnn, silakan di koment yaaa, kita diskusi bareng menganalisa fenomena ini :D

@daisyjuliaaa - a proud Bataknese girl 

Post a Comment

1 Comments

  1. Resiko jadi orang batak klo ga nyanyi yah mandok hata... Makanya banyak penyanyi... Banyak juga yg jdi pengacarq

    ReplyDelete