Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Happiness in Flores Island

Perjalanan ke Flores pertama saya adalah Sailing Komodo.
Perjalanan yang bener-bener sulit dilupakan karena berkesan sekaliiiiiiiiiiii.

Bermodalkan internet, googling sana sinibertanya sana sini ke teman-teman yang sudah pergi.

Akhirnya September 2016, saya naik kapal Pelni, Tilongkabila rute Makassar - Labuan Bajo.
Perjalanan di kapal 17 jam di kapal superbesar itu, bisa menampung lebih dari 1000 orang penumpang. Saya takjub , baru pertama kali juga naik kapal Pelni hehe, Wuihh gedeee bgt kapalnya!

Akhirnya pagi hari, jam 7 setelah sarapan pagi, bapak Captain menginfokan via speaker kalau 1 jam lagi kapal akan tiba di pelabuhan Labuan Bajo.

"OH MY GOD .. I am in Floressssssss" teriakku dalam hati.

Perjalanan saya Sailing Komodp di Flores bener bener my 1st solo backpacker.
Sendiriannnnnn, yuppp, wkkwkw nekaddd abis guweeh.

Mamak saya saja sampai geleng-geleng kepala lihat saya, tapiii beliau izinkan,
"iyaa boleh, asalkan hati-hati, sopan dan jaga diri"

Bego-bego sendiri cari rute, cari cari sendiri alamat, pusing pusing sendiri.
Bener-bener deh hehhehehhe :D

Setelah check ini di Hotel Mutiara, hotel ala backpacker karena saya cuman semalam saja, besoknya akan ikut sailing komodo, selesai mandi dan bersih-bersih, saya sewa motor untuk explore kota Labuan Bajo.

Huaaaaaaaaaaaa ..... emejing deh kalo lihat ke Laut.
Saya kagum banget dengan alamnya di Flores. Landscapenya bagusss, bagusssss.

BUKIT CINTA
Sewa motor ke spot ini pertama kali, saya ikutin aja GPS di hp, muter-muter di rutenya sampai 4x bolak-balik mengikutin rute gps, kok aneh yaa? Mana jalur trekingnyaaa?
Tulisan apapun tidak ada, tapi terbaca di GPS. Ha? Sendirian lagii. Aduhh pusinggg, mana mataharinya terik sekalii. Akhirnya saya nungguin orang lewat, dan lucky me, ada abang orang Flores lokal, yang tunjukin jalur trek nyaaa. "

"Ikut kami aja ke pantai Waicicu, kita ada party, di bukit cinta bagusnya lihat suset,
kalau siang gini, bikin gosong"
"Hahhahahahahah iyaya tapi udah terlanjur, setelah saya ke bukit Cinta dulu ya bang"
"Hehehhee ,okelah, hati-hati yaaa"

Bused dah, ngos-ngosan saya treking di bukit ini, ga pernah olahraga wkwkkw.
Namanya juga bukit di Flores, aslinya adalah padang sabana, jadi kering dan voilaaaa

GOA BATU CERMIN
Saya beruntung bertemu orang lokal, kali ini penduduk kota Ruteng, kami bertemu di Bukit Cinta,
abang Josh namanyaaaa .. awalnya dia ajakin ke air terjun Cunca Wulang.
Tapi jaraknya lumayan jauhhhhhh .. saya jadi urung karena pulangnya nanti sudah gelap.
Jadi saya minta ditemanin ke Gua Batu Cermin.

Saya baru tau, ternyata zaman dulu nya itu pulau Flores ada di bawah laut, karena ada gambar ikan di dinding batu gua.

Lalu dinamakan Batu Cermin karena matahari kalau menyinari, cahaya terbiasa seperti pantulan cermin . Woww, sungguh menarik

Sekitar Gua ini adeeeeeeemmm banget, banyak pohon-pohon rindang.
Tiket masuk hanya Rp10,000

SUNSET DI BUKIT SYLVIA
Saya akhirnya lanjutkan perjalanan balik ke Labuan Bajo dan abang Josh kembali ke Ruteng. Dan segeralah saya berkeliling dan menunggu ke bukit Sylvia, awalnya mau ke pantai Waicicu, tapi saya ga tau jalurnya hehehehe.

Mataharinya bulat tenggelam, Cantik sekalii.

SAILING

PULAU KANAWA
Pulau pertama yang kami singgahi di sailing ini, pulau Kanawa, kita bisa treking sebentar untuk mendapatkan view dari pulau Kanawa, seleai treking kami semua snorklingg, hahahhahahahha
senengggg sekaliiii.

PULAU PANTAI PINK
Pulau dengan pasir pink yang selalu ngehits di instagram, penasaran sama pulau ini, kita juga bisa snorkling dan ada Turtle Point  di sini hehehhehhe, ingat bgt deh dulu sama om Taher waktu lihat penyu.

MANTA POINT
The majestic manta ray, kapal kami mutar-mutar sampai 3x lihat grup manta, cuman arusnya cukup kuat, jadi kami belum beruntung bertemu manta. Kami hanya bisa melihat manta dari atas kapal saja. Supergedee banget mantanyaaa.

PULAU GILI LAWA
Sore hari , puaskan snorkling lagi dan treking ke Gili Lawa. Amazing view

KAMPUNG KOMODO
Bermalam di Kampung Komodo, busedddd coba lihat ke langt saat malam, STARGAZING gaesss... banyak bgt bintangnyaaa. Luarbiasa, aku diajarin temenku yg punya skyguide, membaca banyak sekali rasi bintang yang terlihat malam itu.

PULAU KOMODO - LOH LIANG
Kami pilih trek adventure, 1 jam treking bertemu hewan dinosaurus itu hehehe, Komodonya pada mager semua, hehhee dekat -dekat ranger selalu supaya aman
Kamu bisa membeli oleh-oleh di pulau Komodo ini, kaos atau ukiran khas pulau untuk membantu ekonomi warga lokal dan harganya tidak terlalu mahal.

PULAU KALONG
Awalnya bingung,  ngapain ke pulau ini sore-sore, oh ternyataaaaa, di pulau ini banyak kalelawar yang akan terbang keluar sarangnya saat petang. Epic sekali

PULAU PADAR
A most hiking spot.
Spot foto instagramable, ga ke Komodo kalau ga ke pulau Padar hehehe

PULAU NAMONG
SUPER PINK BEACH , 2x pantainya lebih pink daripada pink beach yang pertama, tempatnya masih bagus.

PULAU KARANG SEMBILAN

Happy face ketemu jellyfish stingless. Ubur ubur bewarna yang bisa ditemukan di danau yang sekelilingnya koral mati.

@daisyjuliaaa - she was really mesmerized to the beauty of Flores island