Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

First Timer in Labuan Bajo, WHAT TO DO?

Pertama kali ke Labuhan Bajo, ibu kota Manggarai Barat, NTT ini, saya pernah searching sana-sini, daripada cuman tidur saja di penginapan, lebih baik keluar dan ngobrol dengan penduduk lokal, karena sailing Komodo saya masih besok hari.

There is a will, there is a way right ?!

Solo trip ini bener-bener harus banyak bertanya. Malu bertanya jalan-jalan muter-muter hehehehhe.

Buat kamu first timer ke Labuan Bajo, bisa masukin tempat-tempat ini di Itinerary kamu gaess.



view dari penginapan 

KELILING KOTA LABUAN BAJO 

Kalau beramai-ramai bisa sewa mobil, atau bisa juga sewa motor. Banyak yang menyewakan di kota Labuan Bajo, untuk motor perhari Rp70,000 di luar bensin dan mobil Rp300,000 seharian. 

view kota Labuan Bajo
rent a scooter and ready to exploree :)))

BUKIT CINTA


Perjalanan ke Bukit Cinta ini kita harus mendaki untuk mendapat view kota Labuan Bajo, pakailah sunblock buat yang takut gosong, karena memang terik sekali untuk mendapatan view ini.





view dari Bukit Cinta

Biru Laut Flores siang hari 


GOA BATU CERMIN 

Goa ini jaraknya hanya 4 km dari kota Labuan BAjo, kamu bisa mengikuti GPS untuk sampai ke tempat ini, atau tentu saja, bertanya ke penduduk sekitar.

Tiket masuk Rp10,000 dan menyewa pemandu Rp20,000. Diberikan senter, dan topi safety.



Puluhan tahun yang lalu, goa ini ditemukan oleh seorang peneliti dan arkeolog, Verhoven yang menyimpulkan bahwa Pulau Flores dulunya berada di dasar laut. Untuk mengetahui apa yang disimpulkan Verhoven, kita akan dipandu masuk goa sepanjang sekitar 200 meter. Memasuki goa, yang diapit oleh tebing yang menjulang tinggi dan minim sinar matahari. Semakin dalam masuk goa, udara semakin sejuk dan sedikit sedikit cahaya yang dihasilkan.

Goa ini dulunya berada di bawah laut berdasarkan temuan koral dan fosil satwa yang menempel di dinding goa. Yang paling terlihat adalah sebuah fosil kura-kura di dinding goa.

Dinamai Goa Batu Cermin karena di dalam goa ada lobang di atas yang mana siang hari sinar matahari masuk dalam goa melalui celah yang sempit itu. Saat hujan, udara hujan akan masuk goa dan menimbulkan genangan.

Nah, genangan udara yang terkena sinar matahari akan membuat Anda bisa melihat wajah sendiri di udara hujan yang memenuhi goa. Itulah yang menyebabkan mengapa tempat ini dinamakan Goa Batu Cemin.

fosil Kura-kura di  dinding goa





Obyek wisata goa ini memang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Labuan Bajo. Hanya saja Goa Batu Cermin ini tidak terurus sama sekali. Ini bisa terlihat dari tanaman di kiri kanan saat sedang berjalan dari tempat parkir ke lokasi goa yang tidak terpelihara alias dibiarkan tumbuh asal.

Belum lagi ada bangunan sebelum masuk goa yang sudah tidak terawat lagi. Ini tempat penjualan karcis sekaligus ruang informasi. Di sebelahnya ada bangunan untuk menikmati pemandangan di sekitar goa, kondisinya pun sama, rusak berat.

Cuman kritik aja sih ini, semoga nextnya bisa jauh lebih diperhatikan lagi.





SUNSET DI BUKIT SYLVIA

Tidak seperti seperti harapan saya bisa turun ke bawah, mendekat ke pantai Waecicu, ternyata tidak diberi masuk karena yang bisa masuk mengakses pantai adalah mereka yang menginap di area hotel saja, karena masalah pengelolaan sampah. Okay deh, at least matahari terbenam untuk semua orang.




KULINERAN

Makan seafood di Pelabuhan Ujung, food court dengan banyak sekali pilihan makanan laut segar, seporsi ikan bakar + nasi sekitar 30ribuan. Pokoknya maknyusss deh. Saya pilih makan malam di sini bareng teman baru bertemu di kota ini.

Oh ya, kalau kamu penggemar kopi, juga bisa beli kopi khas Flores, kopi Robusta, banyak dijual di sekitaran toko di dekat food court.

By the way kota kecil ini dipenuhi dengan bule-bule dari berbagai mancanegara, udah kaya Bali. Semuanya datang untuk mencari 'experience' . Diving, snorkling, and get new experinces !

Kita orang Indonesia juga jangan mau kalah yaa, explore dalam negeri, put Labuan Bajo on your bucket list! 

Kayanya ituuuu aja yang bisaa ku share untuk one day trip di Labuan Bajo. Besokkkkk udah mau sailing komodo, OMG, i am beyond happy!

Have a good day & Happy travelling!


@daisyjuliaaa -

Post a Comment

0 Comments