halo guysss, jadi aku pengen share pengalaman aku ikut
kelas Timba Ilmu dari ka Rittar dan Tito, duo profesional fotografer di Indonesia.
ka Rittar dengan pengalaman 10 tahu dan ka Tito lebih dari 13 tahun.
Wahh udah dalam banget pengalamannya.
Okeee, lets start our topic
Jadi sebagai fotografer ada beberapa skillset yang
harus dikuasai supaya mendukung profesi sebagai fotografer.
Seperti bisnis lainnya, kita perlu riset untuk pricing.
Karena pricelist itu adalah statement mendasar.
Riset sangat peenting untuk kelangsungan bisnis.
Riset trend
Riset itu bepengaruh apa kita mengikuti trend atau mencoba buat trend?
Trend harga harus dicari tau.
Riset Value kamu sendiri
What makes you different. Sebenernya nilai ini little thing that make you different.
Contoh Rittar :
- my value is a mother .. hal yang membedakan kamu dari fotogafer lainnya
Macam macam cara menentukan harga
Cost based
Dihitung baik baik cost listrik, gaji, biaya asisten
Kemudian mau untung berapa.
Yang penting jangan rugi.
Competitor based
ini maksudnya harga disamakan dengan kompetitor yang sudah ada.
Value based
Masukkan nilai cost price kemudian
ditambah nilai branding kamu serta keahlian kamu.
Skimmming price
Jual aja dulu mahal ntar didiskon
Contoh 10 juta harga saat pameran, ada di luar banting harga.
Riset to know your customer
Tarik dulu ke kamu apakah kamu mau bayar jasa segitu?
Seiring berjalannya waktu nanti akan ketemu customer ideal.
Target revenue
Target perbulan / pertahun
Kira kira misalkan kerja kantoran kalau udah full time dan side job itu beda.
Apakah siap mau kerja keras?
Contoh target mau 50juta /bulan
50/10 -> 10 client dengan budget 5 juta.
Lo punya harga yang mahal dengan kerja dikit atau kerja banyak harga dikit ?
Harus tau maunya apa jadi bisa diplanning.
Nilai Value Rittar : gue udah punya skill. Jual jasa foto Newborn butuh keahlian khusus.
Sejauh ini ada target karena gue punya cita cita tinggi.
Dengan adanya cita-cita kita jadi tau apakah kita ada di track yang benar
Pricing Rittar tiap tahun selalu naik.
Natural dan minimalis
Skill set Newborn photographer :
- mengerti settingan kamera
- teknik posing
- teknik styling
- marketing
- branding
Monitor pricing
untuk dengarkan customer, keep eye at kompetitor dan melihat budget action plan.
Harga tuh harus selalu dimonitor. Jangan gegabah untuk naik terus.
Kalau kalian mulai cepat-cepatlah naikin harganya
Lower the price kayanya bukan pilihan yang tepat sekarang. Mending stay.
Bisnis itu semua tergantung pasar.
Aset utama kita adalah trust tapi pilihan untuk turunkan harga bukan pilihan yang bijak.
Confidence
Percaya diri. Penting sekali untuk percaya sama skill set kamu.
Pada akhirnya kamu akan menghadapi client supaya client juga percaya sama hasil kerja kamu makanya harus percaya diri.
Harga utama ga berubah tapi dibuat lini baru misalnya lebih ekonomis
Dunia itu kecil melihat harga kompetitor lain juga pasti akan ketauan.
Jadi dengan adanya lini baru kalau budgetnya ga masuk ya tetap ada pilihan.
Rittar
Untuk aku pricing bagi dua ada yang moto di studio dan di rumah client. 5 juta di studio dan 8 juta di rumah client .. outputnya adalah 15 edited photo hi resolution supaya bisa upselling.
Fotografer hak ciptanya dihargai di US
Value benchmarking di US, Australia,
pricing : Value based
karena ada nilai fotografer, Tematik, dan output untuk client.
Branding itu perlu banget.
Personal branding akan semakin kelihatan kalau banyak kompetitor
Branding berhasil saat ada client minta ada logo Smallbitesnya
Personal branding sebagai pribadi ada di story' Instagram
Personal branding itu perlu karena membantu mencitrakan diri kita mau dilihat sebagai apa. Mengirim sinyal sinyal ke alam bawah sadar.
Apalagi kalau target marketnya adalah kelas A dan B. Harus berteman dengan lingkungan mereka
Feeds di Instagram itu adalah personal branding kita
Kalau di daerah
Riset terkuat ya benchmarking
Riset aman yaa jangan ketinggalan.
Seiring berjalannya waktu yang membuat kita beda itu value based.
Nilai foto kita apakah lebih bagus dari yang lain?
Ke mana kita jalan?
Target kita itu dan hargai diri kita sendiri.
Kita melakukan rebranding 3x
Rubah visual logo
Rubah visual website
Rubah pricing
Rubah visual end product
Kesemuanya itu saling terkait karena itu semua citra yang tertinggal di customer
Apakah dia mau mempromosikan ke teman-temannya .. its about branding
Dan jangan menutup diri tentang harga kompetitor
Belajar dari Smallbites
Tim kecil
The smaller teamwork you have the better you have
Kalau ngasih ke team bisa bonus akhir tahun atau bonus per projeknya
Tim itu fungsinya nambah value bukannya ngeribetin.
Lu harus nemuin style lu sendiri. Itu butuh waktu menemukan karakter foto sendiri.
Selamat berkarya di industri kreatif.
@daisyjuliaaa - yang sebenernya masih bingung di dunia komersil hehehhe
0 Comments