Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Taman Laut Olele, Surga tersembunyi di Gorontalo

  one of the best underwater 

Perjalanan ke Taman Laut Olele ini, termasuk solo trip yang mudah dilakukan. Saya hanya perlu memacu motor bebek yang saya di jalanan yang sudah sangat bagus, mulus. Sepanjang jalan, kita akan melihat pemandangan alam yang sangat indah.




Oh yaa, hati-hati kelewatan yaaa, hahaha, jalan ke sini, ga sadar udah kelewatan, kebablasan 2 km. Hehehe bertanya sama penduduk sekitar.


Saat saya tiba, sudah jam 1 siang, sudah sepi dengan pengunjung. Di sini sudah ada disewakan alat snorkle dan masker, jadi jangan khawatir kalau tidak punya alat.

Oleh bapak yang menjaga taman laut, saya diberitahu ada spot goa jin, spot favorit para penyelam yang biasa datang ke Taman Olele.

Taman Laut Olele ini berada di Desa Olele, Bone Bolango, sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo. Dengan motor bebek, saya menjangkau tempat ini 50 menitan.



Pantai Olele yang berpasir putih sangat dekat dengan permukiman warga. Airnya masih memiliki visibility yang bagus, terumbu karangnya pun masih padat dan terjaga dengan baik. Oh yaa, di Taman Laut ini tidak boleh memancing, menembak ikan, menjala ikan. Penduduk sekitar taman Olele juga peduli untuk melestarikan keindahan Taman Laut Olele.

Pertama kali nyemplung, langsung disambut dengan coral warna warni dengan ikan yang sangat ramai.










Tempat ini sangat cocok untuk bersnorkeling, ditambah lagi perairan disini cukup tenang karena berada di sebuah teluk, yakni Teluk Tomini.




Di taman laut Olele ini ada sponge coral endemik yang tidak dapat ditemukan di perairan manapun. Keberadaannya dicari-cari para penyelam mancanegara. Keunikannya terdapat pada motif koral yang menyerupai lukisan salah satu seniman dari Spanyol yang bernama Salvador Dali. Lukisan tersebut bernama L'enigma del Desiderio. Oleh karena itu sponge coral ini (Petrosia Lignosa) dikenal dengan sebutan Salvador Dali.


Lukisan Salvador Dali   sumber foto : google 

Salvador Dali Sponge adalah salah satu sponge coral unik yang merupakan daya tarik penyelam yang datang ke Gorontalo, terutama di Taman Laut Olele. Gorontalo yang terkenal sebagai tempat gugusan coral paling padat dan paling sehat, serta bagian dari Coral Triangle inilah alasan utamanya kenapa Salvador Dali Sponge hanya tumbuh di daerah Gorontalo. Dinamakannya Salvador Dali Sponge, karena keunikan tekstur dari permukaan Sponge ini mirip dengan pola lukisan karya seniman besar Spanyol Salvador Dali. Salvador Dali Sponge berukuran rata- rata 1 - 2 meter dengan kedalaman 18-40 meter.

Coral yang mirip lukisan Salvador Dali, hanya da di Gorontalo  sumber foto : www.sportourism.id

Jika merasa kurang puas dengan bersnorkeling, menyelam adalah pilihan tepat saat  bekunjung ke taman laut ini. Ada banyak spot penyelaman dengan unik-unik. Spot  Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive, yang menjadi favorit para diver  adalah Jinn Cave seperti yang diinfokan bapak penjaga taman laut Olele ini.

Selain itu, bagi para penyelam yang menyukai binatang kecil dan fotografi makro, di taman laut inipun banyak dijumpai berbagai jenis nudibranch dan shrimp yang menggemaskan seperti anemone shrimp, saron shrimp, dan orangutan shrimp.




Gorontalo juga menjadi pintu gerbang untuk mencapai wisata lainnya di Sulawesi bagian utara. Salah satu contohnya, mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Togean yang sebenarnya masuk ke dalam wilayah Sulawesi Tengah. Togean bisa dicapai dengan speed boat sekitar 5 jam dari Gorontalo.










Taman Laut Olele seperti sebuah surga tersembunyi semoga selalu terjaga keindahannyaaa. Amin


Lets go somewhere, Tanned will fade away, but memories last forever 


@daisyjuliaaa - best sea experience in Olele!

Post a Comment

0 Comments