Friday, June 29, 2018


Si Tobo Lalang Lipa 




Alkisah dahulu kala, ketika dua orang laki-laki suku Makassar sedang bertikai dan keduanya merasa dirinya benar. Titik perdamaiannya adalah perjanjian di dalam sarung. 

Pertarungan suku Bugis yang melambangkan sikap gentlemen dan keberanian sejati terbukti dalam ritual ini. Prosesi adat ini dimulai dengan masuknya seorang daeng ke dalam sarung dan memanggil hormat daeng yang menjadi lawannya.




Ketika keduanya berada dalam sarung, berdua akan saling berbagi badik dan perjanjian dibuat bahwa pertarungan akan berakhir hidup atau mati. Pertarungan biasanya akan berlangsung lama. Dan setelah pertarungan, tidak ada pihak lain dan tidak ada dosa warisan yang berhak mempersoalkan mengenai pertarungan itu. 



Si Tobo Lalang Lipa, pertarungan sengit dalam sarung untuk menjunjung harga diri. Pertarungan ini hanya dilakukan oleh mereka yang punya mentalitas luar biasa besar. 



Di masa sekarang, suku bugis mulai meninggalkan ritual adat ini karena sangat berdarah sekali hanya untuk mencapai kesepakatan. Si Tobo Lalang Lipa sudah bergeser fungsi menjadi salah satu adegan yang banyak digelar dalam seni tari dan drama teatrikal.

Hunting photo bareng Photoshootmks 
Model dan Properti diarahkan oleh Dwi Julian Iksan 
Lokasi : Air Terjun Ketemu Jodoh, Malino


-------------  story behind the potraits  ---------------

Gimana guyss, menurut kamu ritual adat yang di atas. Serem yaak, kalau dibayangin. Pertumpahan darah pastinya. Semoga ga ada lagi yang cari kesepakatan dengan cara seperti itu. Ritual Si Tobo Lalang Lipa lebih bagus diperankan di seni teater saja. Lebih damai dan lebih menenangkan hati yang nonton yaaa :))))

Btw, ini bagian dari hunting seru bareng teman-temen photoshoot di Malino, menyenangkan sekali bisa mengabadikan moment yang penuh dengan filosofi kehidupan seperti ini. Walaupun dari subuh hingga pagi hari kami sudah mulai ragu-ragu buat lanjut karena hujan deras. Tuhan Maha Baik, bersyukur sekali tiba di air terjun, hujannya sudah berhenti dan kita semua bisa bebas ambil foto dari berbagai angle.

geng Photoshoot di Air Terjun Ketemu Jodoh, Malino 

Ini moment pertama diriku untuk belajar langsung dengan model, dan ternyata ga gampang guyss jadi seorang fotograper. Ada banyak hal yang harus dikuasai, dan harus sedia untuk menghadapi keadaan di lapangan, tapiiii ... banyakan serunya sihhhh jadi, harus makin semangat donk diriku buat belajar hehe!

Cheers

@daisyjuliaaa - dreaming to be a travel photographer :))))

Post a Comment: