Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Menentukan Pricing untuk Fotografer


halo guysss, jadi aku pengen share pengalaman aku ikut 
kelas Timba Ilmu dari ka Rittar dan Tito, duo profesional fotografer di Indonesia. 


ka Rittar dengan pengalaman 10 tahu dan ka Tito lebih dari 13 tahun. 
Wahh udah dalam banget pengalamannya.  
Okeee, lets start our topic


Jadi sebagai fotografer ada beberapa skillset yang 

harus dikuasai supaya mendukung profesi sebagai fotografer. 





Seperti bisnis lainnya, kita perlu riset untuk pricing. 
Karena pricelist itu adalah statement mendasar. 

Riset sangat peenting untuk kelangsungan bisnis. 




Dengan riset kita bisa menentukan cost dalam bisnis. 

- biaya album

- gaji karyawan 

- beban moril



Riset trend 

Riset itu bepengaruh apa kita mengikuti trend atau mencoba buat trend?

Trend harga harus dicari tau.

Riset Value kamu sendiri 

What makes you different. Sebenernya nilai ini little thing that make you different.

Contoh Rittar :
- my value is a mother .. hal yang membedakan kamu dari fotogafer lainnya







Macam macam cara menentukan harga 

Cost based 
Dihitung baik baik cost listrik, gaji, biaya asisten 
Kemudian mau untung berapa. 
Yang penting jangan rugi. 

Competitor based 
ini maksudnya harga disamakan dengan kompetitor yang sudah ada. 

Value based 
Masukkan nilai cost price kemudian 
ditambah nilai branding kamu serta keahlian kamu. 

Skimmming price 
Jual aja dulu mahal ntar didiskon 
Contoh 10 juta harga saat pameran, ada di luar banting harga. 

Penetration price 
Jual aja lebih murah dari kompetitor kemudian upgrade segera 
naikin harga seiring semakin banyak pengalaman dan client. 





Riset to know your customer 

Tarik dulu ke kamu apakah kamu mau bayar jasa segitu?
Seiring berjalannya waktu nanti akan ketemu customer ideal.

Target revenue 

Target perbulan / pertahun
Kira kira misalkan kerja kantoran kalau udah full time dan side job itu beda. 

Apakah siap mau kerja keras?
Contoh target mau 50juta /bulan 

50/10 -> 10 client dengan budget 5 juta. 
Lo punya harga yang mahal dengan kerja dikit atau kerja banyak harga dikit ? 
Harus tau maunya apa jadi bisa diplanning. 


Nilai Value Rittar : gue udah punya skill. Jual jasa foto Newborn butuh keahlian khusus. 

Sejauh ini ada target karena gue punya cita cita tinggi. 
Dengan adanya cita-cita kita jadi tau apakah kita ada di track yang benar

Pricing Rittar tiap tahun selalu naik. 

Natural dan minimalis

Skill set Newborn photographer : 

- mengerti settingan kamera
- teknik posing 
- teknik styling 
- marketing 
- branding 



Monitor pricing 
untuk dengarkan customer, keep eye at kompetitor dan melihat budget action plan. 

Harga tuh harus selalu dimonitor. Jangan gegabah untuk naik terus.
Kalau kalian mulai cepat-cepatlah naikin harganya



Lower the price kayanya bukan pilihan yang tepat sekarang. Mending stay. 

Bisnis itu semua tergantung pasar. 

Aset utama kita adalah trust tapi pilihan untuk turunkan harga bukan pilihan yang bijak.




Confidence 

Percaya diri. Penting sekali untuk percaya sama skill set kamu. 

Pada akhirnya kamu akan menghadapi client supaya client juga percaya sama hasil kerja kamu makanya harus percaya diri. 




Harga utama ga berubah tapi dibuat lini baru misalnya lebih ekonomis 

Dunia itu kecil melihat harga kompetitor lain juga pasti akan ketauan. 

Jadi dengan adanya lini baru kalau budgetnya ga masuk ya tetap ada pilihan.


Rittar 

Untuk aku pricing bagi dua ada yang moto di studio dan di rumah client. 5 juta di studio dan 8 juta di rumah client .. outputnya adalah 15 edited photo hi resolution supaya bisa upselling. 

Fotografer hak ciptanya dihargai di US

Value benchmarking di US, Australia, 

pricing : Value based 
karena ada nilai fotografer, Tematik, dan output untuk client. 

Branding itu perlu banget. 
Personal branding akan semakin kelihatan kalau banyak kompetitor 

Branding berhasil saat ada client minta ada logo Smallbitesnya 

Personal branding sebagai pribadi ada di story' Instagram 

Personal branding itu perlu karena membantu mencitrakan diri kita mau dilihat sebagai apa. Mengirim sinyal sinyal ke alam bawah sadar.

Apalagi kalau target marketnya adalah kelas A dan B. Harus berteman dengan lingkungan mereka

Feeds di Instagram itu adalah personal branding kita


Kalau di daerah 

Riset terkuat ya benchmarking 
Riset aman yaa jangan ketinggalan. 

Seiring berjalannya waktu yang membuat kita beda itu value based.  
Nilai foto kita apakah lebih bagus dari yang lain?

Ke mana kita jalan?
Target kita itu dan hargai diri kita sendiri.

Kita melakukan rebranding 3x

Rubah visual logo
Rubah visual website
Rubah pricing
Rubah visual end product

Kesemuanya itu saling terkait karena itu semua citra yang tertinggal di customer 

Apakah dia mau mempromosikan ke teman-temannya .. its about branding

Dan jangan menutup diri tentang harga kompetitor
Belajar dari Smallbites 

Tim kecil
The smaller teamwork you have the better you have
Kalau ngasih ke team bisa bonus akhir tahun atau bonus per projeknya 
Tim itu fungsinya nambah value bukannya ngeribetin.


Lu harus nemuin style lu sendiri. Itu butuh waktu menemukan karakter foto sendiri. 
Selamat berkarya di industri kreatif. 




 @daisyjuliaaa - yang sebenernya masih bingung di dunia komersil hehehhe

Post a Comment

0 Comments