Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips membuat foto menarik : Belajar Komposisi

Hai guysss .. apa kabarrr kamu semua ? Semoga sehat-sehat selalu yaaaa. Akhirnya aku memilih menuliskan konten ini karena fotografi dan traveling itu bagaikan pasangan. Saling melengkapi antara tulisan dan visual. Jadi sangat sangat sangat penting sekali untuk dipelajari.

Oh yaaa beruntungnya Mei 2018 lalu aku sudah bergabung dan belajar fotografi bareng dengan @photoshootmks, dengan Julian sebagai mentorku, Makasih banget buat sharing-sharingnyaaa, Julian ini baik bangett, dengan  pengalaman lebih dari 9 tahun di dunia fotografi, murah hati sekaliiiii berbagi ilmunya. Julian sekarang fokus di genre Wedding fotografi dan konseptual Portrait.

Okedeh kita lanjut yaaa, jadi untuk membuat foto yang menarik itu ada resep-resepnya dan bisa dipelajari. Poinnya sama untuk semua hal yang dipelajarin, the more you do, the better you are. Intinya, semakin rajin memotret, rajin melihat foto-foto inspirasi, semoga insting dan mata kita semakin terlatih untuk mengambil komposisi foto yang bagus saat di lapangan.

Belajar tentang komposisi foto itu penting sekali. Nah, aku pengen sharing ada 2 versi komposisi dalam fotografi yang selalu jadi pedoman aku sebelum pencet shutter kamera.

Komposisi fotografi versi dari Steve Mc Curry, dia seorang fotografer profesional untuk Human Interest versi fotografer pria dan Martha Suherman, fotografer wanita profesional genre Landscape dan Konseptual Portrait. Jadi dari 2 fotografer yang sudah malang melintang ini saya tuliskan inti sarinya.

Komposisi fotografi  versi Steve McCurry




1. Rule of Third

Sepertiga Titik
Sepertiga Bidang

2. Leading the Lines

Use natural lines to lead the eye into the picture

3. Diagonal

Diagonal lines create great movement

4. Framing

Use natural frames like windows and doors

5. Figure to groud

Find a contrast between subject and backgroud

6. Fill the frame

Get close to your subjects

7. Center Dominant Eye

Place the dominan eye in the center of he photo, this will give impression the eyes follow you.

8. Pattern and Repetition

Pattern are aestithecally pleasing. But the best is when the pattern is interrupted.

9. Simetry

Simetry is pleasing to the eye.

the last is Breaking the rule. and enjoying your own style and yourself while photographing. 


Komposisi Fotografi versi Martha Suherman : 



Komposisi sangat penting sekali karena pertama kali yang dilihat oleh mata seseorang itu adalah komposisi, lalu ke exposure, warna dan white balance.

1. Rule of third

Yang paling simpel, garis melintang vertikal horizontal, menempatkan POI di titik persimpangan membuat foto kita membaginya menjadi 1/3 dan 2/3.

POI adalah sebuah subjek atau sesuatu yang manarik yang bisa dijadikan inti dari cerita tersebut. Bisa orang, batu, perahu terserah, bisa macem-macem tergantung yang mau disampaikan.

2. Centered Komposisi

Kita meletakkan POI di tengah frame. biasanya yang paling sering kita meletakkan misalnya seseorang dengan refleksi untuk landscaper biasanya pohon sendiri dan dibawahnya ada refelksi. Itu termasuk dalam komposisi simetri.

3. FRAMING
Komposisis framng, kita menggunakan sebuah frame untuk meletakkan atau membingkai POI. Contoh jendela, pintu. Jadi POI itu dibingkai dalam framing. Ga harus jendela, Bisa juga pohon, ada ranting-rantingnya, daun daun melambai ke bawah. Framing itu bisa apa saja sesuai kreatifitas kita. Lingkaran atau apa saja.

4. Leading Lines
Komposisi Leading lines artinya ada sebuah unsur-unsur dalam sebuah komposisi itu yang membantu mata kita kepada POI nya. Mungkin agak mirip dead center. Kalau leading lines itu seperti jembatan mengarah ke titik-titik terntentu, bentuknya meliuk-liuk. Kalau dalam landscape, ombak adalah leading lines dengan slow speed, di mana mata kita akan mengikuti garis tersebut dan mata kita akan melihat di ujungnya apa.

5. Pattern atau Texture

Komposisi dengan pattern menentukan pola-pola kemudian meletakkan POI.
Contoh : Jendela ada 10 yang rusak 1, itu yang menarik dijadikan POI atau warna yang berbeda. Kita bisa memanfaatkan pattern kalau kreatif.

6. Diagonal

Bentuknya miring-miring, diagonal itu bukan hanya melintang dari kiri ke kanan saja, unsur-unsur seperti segitiga akan membuat foto jadi lebih menarik.

7. Depth of Field

Kedalaman ruang yang ingin kita sampaikan dalam sebuah foto. Kita harus tau yang namanya foreground, middle ground dan juga background.
Penting sekali untuk mengatur porsi Fore grond, Middle ground dan Back ground itu sendiri.

8. Komposisi left to right

Manusia punya kecenderungan melihat dari kiri ke kanan. Beberapa fotografer suka menampikan foto dari kiri ke kanan. Tapi bukan patokan yang mutlak.

9. Color Composition

dalam fotografi, atau seni lainnya yang berkaitan dengan warna ada disebutt colour wheel.

10. Breaking the rule

Pahami dulu rule nya lalu breaking the rule, ini the next level of komposisi.
Apa kuncinya supaya bisa paham komposisi ? Mata perlu disekolahkan dengan latihan terus-menerus caranya dengan memotret terus-menerus karena fotografi perlu jam terbang yang tinggi.

Segitu dulu yaa bisa saya ketik yaa, tentang sharing dari the masters. Karya seni mereka memang diacungin jempol dan dijadikan panutan. Apapun genre foto kamu, gunakan komposisi supaya foto jadi lebih menarik.

Apalagi buat para traveler yang sering datang ke tempat-tempat eksotis, ini penting banget supaya foto-fotonya bisa jadi antimainstream and keren. Selamat belajar dan semangat motret :)))


@daisyjuliaaa - falling in love with photography

Post a Comment

0 Comments