Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara mudah memotret Milkyway


Hai hai .. kali ini pengen share pengalaman memotret milkyway. Galaksi Bimasakti ini superduper keren bangetlohh. Kalau untuk foto-foto landscape plus milkyway .. OMG ga pernah ga febeles pokoknya!

MY EYESSS! ITS SO BEAUTIFUL IN SIMPLE WAY

Akhirnya diajakin sama teman-teman komunitas Makassar Landscaper, hunting bareng milkyway di daerah Gowa, sekitar 1 jam dari kota Makassar.

Jujur yaa, pengen motoin milkyway ini udah dari kapan tahun, akhirnya bisa motret milkyway.
Huhuhuhuhuh .. aku seneng bangettttttttt sampai terharu akhirnya bisa mootret milkyway.
Ternyata ga seribet yang dipikirkan, mudah kok motret milkyway. Hanya perlu latihan berulang-ulang supaya paham.

Okayy deh ini step by step motret milkyway :
  • Download aplikasi Starwalk2 untuk mengetahui letak milkyway,
  • Pergi ke daerah minim polusi cahaya dan polusi .. tapi perhatikan juga kondisi awan. Sebaiknya langit bersih moto milkyway baru kelihatan jelas.
  • Settingan kamera harus punya mode manual.
  • Atur di settingan : ISO 1600, Shutterspeed 30 seconds. Apperture kamera F3.5 kalau kamera kamu bukaan terbesarnya 2.8 lebih bagus lagi. WB ini bisa diatur Auto atau Kelvin sesuai selera.
  • Manual fokus kamera diatur ke infinity .. kalau settingan aku buat autofokus dulu, lalu ubah settingannya ke manual fokua .. atau putar di ring lensanya ke infinity.
  • Done .. udehhh deh jepretttttt .. pasti bisa foto milkyway deh. Nanti bisa diedit untuk kasih brighteness dan contrastnya.
  • Jangan lupa pakai tripod, ya kalii nahan kamera handheld 30 detik. Pegel pastinya.
  • Oh yaa, ada lagi foto milkyway, akan terlihat berbanding terbalik dengan bulan. Jadi kalau bulan purnama, susah bgt lihat milkywayy. Foto milkyway sebaiknya saat bulan mati pergantian bulan. Paling mudah download aplikasi Moon phase untuk lihat bentuk bulan dari hari ke hari.

Hasilnya beginiiiii deh 







Memotret milkyway ini perlu latihan berulang-ulang supaya semakin terbiasa dengan settingan manualnya. Kalau gagal di percobaan pertama, jangan cepat menyerah yaaa, coba terus, kalau memungkinkan cari komunitas foto dan ajak temennya yang bisa motret supaya bisa memotret milkyway. Indah sekali di langit kalau kamu bisa melihatnya. Btw jangan lupa siapin tolak angin supaya ga masuk angin hehehehhe ..

happy hunting Milkywayyy temen-temenku sayang, semoga bermanfaat yaa :))
Semangat memotret! :)

@daisyjuliaaa - a new fan of constellation things :)))

Post a Comment

0 Comments