Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mariona Lake: Thousands of Stingless Jellyfish in Togean


So guys, ini adalah kali ketigaku ke tempat dengan danau ubur-ubur tanpa sengat. Memanggglah yaa negeri kita ini, luarbiasa indahnya .. bukan hanya satu dua tiga danau saja, totalnya ada enam danau penuh dengan stingless jellyfish yang sudah terdokumentasi. Amazingg! Ga perlu ke luar negeri buat lihat yang langka beginiiii *bangga jadi orang Indonesia

Dulu di Misool, aku udah share beberapa foto underwater macronya si stingless jellyfish. Kali ini pengen share beberapa fakta tentang si jellyfish ini. Tak kenal maka tak sayang kan, makanya yuk kenalan dengan ubur-ubur di danau Mariona Togean.

Banyak no - no nyaa. Harap dipatuhi peraturannya ya!
Sore itu di Kadidiri, jadwal pertamaku untuk island hopping adalah menuju Danau penuh ubur-ubur tanpa sengat .. yesss Danau Mariona. Perjalanan saya ke Danau Mariona ini berempat dengan kang kapal yang menemani. Letaknya tak terlalu jauh dari pulau Kadidiri tempat saya menginap. Sekitar 1 jam perjalanan.


gosong adalah keharusan kalau ke pulau :D
Tibalah di Danau Mariona di kepulauan Togean, Sulawesi Tengah .. Voilaaaaaaaaaaaaa woaaahh kesan pertamaku sampai ke sini .. ga nyangka sedekat itu, lewat dermaga aja dan langsung nyampe,  ga perlu treking-treking, dan tempatnya sejuk sekaliii.


Enjoy the photos ~







Beberapa funfacts tentang stingless Jellyfish :

1. Di bumi ini, danau stingless jellyfish hanya ditemukan di 3 negara saja : Indonesia, Filipina dan di Palau, Mikronesia *auto bangga

2. Di Indonesia, stingless jellyfish bisa ditemukan di :

  • Pulau Karang Sembilan, Flores, Nusa Tenggara Timur
  • Danau Mariona, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah 
  • Danau Lenmakana, Misool, Raja Ampat Selatan, Papua Barat 
  • Pulau Muna, Sulawesi Tenggara
  • Danau Paiso, Batongan, Pulau Mbuang buang, Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah
  • Danau Kakaban, pulau Kakaban, Kalimantan Timur
3. Stingless jellyfish .. ubur-ubur yang awalnya menyengat di lautan mengalami evolusi menjadi tidak menyengat, justru jadi lucu menggemaskan karena ribuan tahun tidak ada predator dalam lingkungan hidupnya.

4. Waktu terbaik berenang dengan jellyfish adalah saat pagi hari karena jellyfish ga suka berpanas-panas ria. Kalau matahari sudah tinggi, mereka berkumpul di tengah dan masuk dalam danau.

5. Ada 4 jenis jellyfish di Togean :
  • Mastigias papua : a green-brown bulb, which are everywhere in this lake
  • Cassiopea ornata which is upside-down jellyfish with their tentacles upright. They like to stay in the bottom of the lake
  • Aurelia aurita dengan tubuh yang transparan. 
  • Tripedalia cystophora which only has a tip finger size.





Stingless jellyfish = No Brain, No Bones, No Heart, No Eyes. 
So soft, so transparent, so fragile, yet alive 

@daisyjuliaaa - feeling grateful to witness this God's majestic creatures

BACA JUGA : Jellyfish lake Misool 


Post a Comment

0 Comments